GSM & CDMA

Terkadang dalam kehidupan sehari2 kita sering ditanyain mengenai hal-hal yang sebenarnya deket sama kita..tapi kita ga bisa menjawabnya..salah satu contohnya aja sebagian dari kita yang tiap hari menggunakan HP ( Handphone ) baik yang menggunakan jaringan GSM maupun yang menggunakan jaringan CDMA. Tetapi kita ga bisa menjawab ketika ditanyain apa sih CDMA?, Apa toh GSM?, emang bedanya apa?….
Nah..biar kalo ada temen yang nanya kaya lagi. Kita harus bisa jawab..apalagi buat temen-temen yang kuliah ngambil jurusan yang ada sangkut pautnya sama Telekomunikasi..wajib tahu tuh..
Buat yang ga pengen malu gara-gara ditanyain ga bisa, baca nih penjelasan singkat tentang GSM dan CDMA berikut ini:

Apa itu GSM
GSM ( GLobaL System for MobiLe Communications ) merupakan turunan dari teknologi TDMA ( Time Division Multiple Access ) dan merupakan teknologi digital yang bekerja dengan metode timeslot atau mengirimkan paket data berdasarkan waktu. Jadi paket data GSM akan dibagi menjadi beberapa time slot.
Timeslot inilah yang akan digunakan oleh pengguna jaringan GSM dalam waktu tertentu ( temporer ) sehingga jika timeslot sudah digunakan oleh seorang pengguna maka timeslot tersebut tidak dapat digunakan oleh pengguna lain sampai pengguna yang menggunakan timeslot tersebut selesai. Bisa dibilang bahwa terjadi monopoli temporer pada jaringan GSM.
Jika sistem pada jaringan GSM sudah penuh ( timeslot habis ), maka sistem tidak akan mengijinkan pengguna menggunakan jaringannya. itulah yang menyebabkan kita sering mendengar nada sibuk ketika akan melakukan panggilan keluar (outgoing call).
Kelebihannya, dengan prinsip timeslot dedicated yang digunakan oleh GSM akan menjamin penggunanya bisa mendapatkan kualitas layanan komunikasi yang lebih konstan.
Kekurangannya, ketika jaringan GSM sudah penuh, kita akan kesulitan untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan karena habisnya timeslot yang kosong untuk digunakan.
Kalo CDMA gimana ????
CDMA ( Code Division Multiple Access ) sangat berbeda dengan prinsip teknologi GSM
karena teknologi CDMA ini tidak menggunakan satuan waktu, tetapi menggunakan sistem kode (coding). Jadi, sistem CDMA menggunakan kode-kode unik tertentu untuk mengatur setiap panggilan yang berlangsung serta berfungsi juga dalam mengurangi kemungkinan terjadinya komunikasi silang atau bocor.
Dengan begitu, CDMA akan memiliki kapasitas jaringan yang lebih besar daripada jaringan GSM. Akan tetapi tetap ada batasan-batasan tertentu untuk kapasitas jaringan yang dimiliki oleh CDMA.
Jaringan CDMA bisa melayani banyak pengguna yang melakukan panggilan karena setiap pengguna menggunakan kode unik tertentu, namun jika sudah terlalu banyak pengguna ( jaringan sudah terlalu penuh ) maka jaringan akan semakin berat dan kenyamanan pengguna akan terganggu yaitu terjadi penyusutan coverage area (ruang lingkup atau jangkauan) dan jaringan CDMA itu sendiri.hal ini bisa juga menyebabkan kualitas suara menjadi menurun akibat penuhnya jaringan CDMA.
Prinsip kerjanya gimana??? Beda Ga???
Seperti yang telah di paparkan di atas, jelas bahwa detail prinsip antara keduanya beda, tetapi untuk prinsip pengiriman data secara umum adalah sama.
Secara umum, data yang dikirim maupun diterima dalam jaringan adalah data digital.Jadi Suara yang dikirimkan si penelepon akan diterima oleh microphone pada ponsel. trus, suara ini diubah menjadi bentuk digital dan dikirimkan melalui gelombang radio ke Base Transceiver Station (BTS) milik operator yang digunakan. Kemudian BTS ini meneruskan data digital ke BTS tujuan. setelah sampai di BTS tujuan, oleh BTS tujuan data akan dikirimkan ke ponsel penerima. untuk kemudian oleh ponsel penerima data digital akan diubah lagi menjadi bentuk suara sehingga bisa didengar oleh penerimanya.

Post a Comment

0 Comments