Budaya Kerja 5S untuk Mendukung Keunggulan Perusahaan

Budaya Kerja 5S untuk Mendukung Keunggulan Perusahaan
Budaya Kerja 5S untuk Mendukung Keunggulan Perusahaan
5S adalah filosofi dan cara bagi suatu organisasi dalam mengatur dan mengelola ruang kerja dan alur kerja dengan tujuan efisiensi dengan cara mengurangi adanya buangan (waste) baik yang bersifat barang atau peralatan maupun waktu.

5S adalah singkatan dari:

1. Seiri (ringkas)
Membedakan antara yang diperlukan dan tidak diperlukan serta membuang yang tidak diperlukan.
“Singkirkan barang yang tidak diperlukan dari tempat kerja”
2. Seiton (rapi)
Menentukan tata letak yang tertata rapi sehingga kita selalu menemukan barang yang diperlukan.
“Setiap barang yang ada di tempat kerja mempunyai tempat yang pasti”
3. Seiso (resik)
Menghilangkan sampah kotoran dan barang asing untuk memperoleh tempat kerja yang lebih bersih.
“Bersihkan segala sesuatu yang ada di tempat kerja”
4. Seiketsu (rawat)
Memelihara barang dengan teratur rapi dan bersih juga dalam aspek personal dan kaitannya dengan polusi
“Semua orang memperoleh informasi yang dibutuhkan di tempat kerja, tepat waktu”
5. Shitsuke (rajin)
Melakukan sesuatu yang benar sebagai kebiasaan
“Lakukan apa yang harus dilakukan dan jangan melakukan apa yang tidak boleh dilakukan”

Yuka.db: "never stop learning"

Post a Comment

0 Comments