Dynamic Link Library

Sedikit info tentang cara kerja file DLL[Dynamic Link Library] pada Windows

File ini kalo ga salah mulai ada sejak versi windows 95.
file dll, digunakan untuk menyimpan prosedur(API), dan kadang juga dipakai untuk keperluan lain, seperti SHELL32.DLL yg juga menyimpan icon..
Dll bisa dibuat dengan bahasa pemrograman vb,c, delphi,dll...


ok, itu saja penjelasan ttg file dll, sekarang saya akan menjelaskan secara mendetail tentang cara penggunaan file ini..

Pertama, biasanya aplikasi yg akan menggunakan DLL, pertama kali program tersebut akan meLoad file dll terlebih dahulu. jadi jarang kita temui program yg menyampaikan error Dll not found di tengah tengah..
Cara meLoadnya lumayan rumit, karena hanya bisa dijelaskan pakai bhs Assembly. Beginilah langkah meLoad DLL:
  1. yg meLoad bukan program, tapi disini progra meminta bantuan pada Kernel. sebelum di load, program akan mencari Alamat kernel di memory.[biasanya alamat tsb disimpan pd variabel]
  2. setelah ditemukan program selanjutnya akan menentukan prosedur untuk meload Library[ada pada kernel]. *o, iya. program selalu meload KERNEL32.DLL, karena dalam file ini terdapat procedur untuk mendapatkan prosedur dari DLL.*Saya hanya menjelaskan bagaimana menggunakan prosedur[API] dari dll..
  3. Setelah diload, lalu program mencari alamat prosedur[api], yg akan dipakai. biasanya ini juga membutuhkan bantuan dari kernel.Kernel akan membantu program mendapatkan alamat dari prosedur yg akan dipakai.
  4. Ok, sekarang program akan menyimpan alamat dirinya didalam stack memori. lalu lompat ke lokasi prosedur yg sudah ditemukan tadi...
  5. jika sudah, alamat yg berada di stack kemudian di lihat untuk kembali lagi ke alamat sebelumnya... 
  6. the end.. :D

Post a Comment

0 Comments